6 Rahasia Cara Cek Keaslian iPhone. Sudah Tahu Belum?
Komentar

6 Rahasia Cara Cek Keaslian iPhone. Sudah Tahu Belum?

Komentar

Terkini.id – Bagi para pemburu iPhone, tidak masalah jika harus menghabiskan waktu berhari-hari demi harga yang murah. Adakalanya hal ini dimanfaatkan orang tidak bertanggung jawab untuk menipu, sehingga Anda perlu memahami cara cek keaslian iPhone. Sebab, sekarang ini banyak penipuan jual beli iPhone.

6 Rahasia Cara Cek Keaslian iPhone. Sudah Tahu Belum?

Bermacam-macam modus digunakan oleh penjual iPhone palsu, mulai dari menukar aksesoris hingga scamming. Agar terhindar dari penipuan, lakukan cara cek keaslian iPhone berikut ini:

1. Lakukan Pengecekan Fisik

Anda bisa mengenali apakah iPhone merupakan barang asli atau palsu dengan mengecek tampilan fisiknya. Lakukan pengecekan dengan menyesuaikan tipe iPhone melalui langkah- langkah berikut ini:

  • Pada seri iPhone X atau seri yang lebih baru, Apple mendesain bezel bagian bawah yang seragam menjadi lebih tipis.
  • Ciri fisik lain yang harus dicek yaitu baut bentuk kembang yang ada di samping port lighting.
  • Cek juga bagian port pengisian daya karena iPhone palsu umumnya menggunakan port USB Micro.

2. Cek Melalui IMEI

Setelah mendapatkan nomor IMEI, Anda bisa melakukan pengecekan apakah produk iPhone yang dibeli asli atau palsu. Lakukan langkah-langkah pengecekan melalui IMEI berikut ini:

  • Masuk ke situs https://imei.kemenperin.go.id/
  • Setelah itu, masukkan nomor iPhone yang sudah Anda cek di kolom yang tersedia.
  • Kemudian, klik icon bergambar kaca pembesar.
  • Jika iPhone yang Anda beli memang perangkat asli, maka semua informasi tentang perangkat tersebut akan tertera secara lengkap.

3. Cek Boks Kemasan

Anda juga bisa mengetahui apakah iPhone yang dibeli palsu atau asli berdasarkan box.  Kemasan iPhone original sangat bersih, kecil, dan compact. Produsen iPhone palsu akan mencoba sebaik mungkin meniru kemasan box produk asli.

Jika box kemasan iPhone yang Anda beli tidak menampilkan logo Apple, maka sebaiknya waspada, sebab kemungkinan besar produk tersebut palsu. Selain itu, logo Apple juga bisa ditemukan di belakang body iPhone.

Untuk mengecek produk asli atau tidak, maka gosok perlahan logo tersebut menggunakan jari tangan. Produk yang asli tidak terasa transisi antara logo dan sampulnya.

4. Cek Sistem Operasi

Anda juga bisa mengecek iPhone palsu atau asli dengan melihat sistem operasinya. Cek sistem operasi pada iPhone melalui pengaturan, lalu klik general. Jika Anda mendapati versi Android bukan iOS, maka bisa dipastikan produk tersebut palsu.

5. Cek Harga Pasar

Apple akan selalu melakukan pembaruan software pada produknya. Oleh karena itu, harga iPhone bekas terbilang mahal karena masih optimal ketika digunakan. Terutama iPhone yang mendapat dukungan pembaruan softwarenya masih panjang.

Sebaliknya, seri iPhone yang tidak lagi mendapatkan dukungan pembaruan software harganya lebih murah. Penggemar iPhone mana yang tak tergiur harga murah, maka sebaiknya Anda harus berhati-hati. Besar kemungkinan produk iPhone dengan harga sangat murah tersebut palsu.

Khusus untuk iPhone bekas pastikan, Anda mengetahui harga pasar sebelum membelinya. Hal ini juga akan membantu Anda menentukan kualitas iPhone yang ingin dibeli.

6. Cek Menggunakan Aplikasi 3uTools

Saat ini Anda bisa lebih mudah lagi mengecek keaslian produk iPhone melalui aplikasi. Gunakan aplikasi 3uTools yang akan membaca kode pabrik pada semua komponen yang ada di iPhone.

Cara cek keaslian iPhone sangat penting untuk dipahami para penggemar ponsel berharga fantastis ini. Jika Anda sedang memburu iphone 14 pro max, pastikan membelinya di Blibli. Sebab, seller di Blibli hanya menjual iPhone asli bagi pelanggannya.

Blibli adalah e-commerce kesayangan masyarakat Indonesia. Sebagai seller, e-commerce ini cukup membantu menaikkan penjualan. Berkat sistem yang sama-sama menguntungkan, tidak heran jika pengguna Blibli semakin banyak.

Selain itu, metode pembayaran yang beragam membantu memudahkan pembeli. Beberapa merchant yang bekerjasama juga memberikan banyak promosi.