4 Rekomendasi Headset Virtual Reality Terbaik 2023
Komentar

4 Rekomendasi Headset Virtual Reality Terbaik 2023

Komentar

Terkini.id, Lambar – Virtual Reality merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan para pengguna bisa berinteraksi di dalam dunia virtual tanpa ada batas ruang dan waktu. Virtual Reality mampu mengeksplorasi kemampuan dibandingkan dengan 3 indera utama manusia yaitu pendengaran, penglihatan, dan peraba. 

Meskipun disebut – sebut serupa dengan augmented reality, namun teknologi ini nyatanya memiliki 2 perbedaan mencolok. Kedua perbedaan mencolok tersebut ada pada 2 poin penting, yaitu tools yang digunakan dan metode kerja. Teknologi canggih ini bisa dijalankan melalui headset VR. Headset ini nantinya di pasang di kepala pengguna layaknya kacamata yang biasa digunakan oleh tukang. Hanya saja bentuk, ukuran, dan fungsinya tentu berbeda. Sementara itu untuk poin kedua, teknologi ini akan bekerja dengan membawa penggunanya masuk ke dunia virtual sebagai avatar sekaligus memblokir pengguna dari lingkungan fisik yang nyata. 

Nah, dari situlah diketahui kenapa Virtual Reality membutuhkan headset VR yang mumpuni agar pengguna bisa nyaman selama berada di dunia virtual. Namun, untuk bisa mendapatkan headset VR yang nyaman tidaklah mudah. 

Agar tidak salah pilih dan bisa mendapatkan produk yang bagus, berikut ini ada 4 rekomendasi headset Virtual Reality terbaik ditahun 2023 ini :

1. Oculus Quest

Oculus Quest merupakan headset VR yang memiliki banyak keunggulan terutama dalam hal kemampuan untuk bisa terintegrasi dengan sistem operasi Android secara nirkabel. Bobotnya memang sedikit agak berat daripada seri berikutnya, yaitu 571 gram. Kemudian headset ini menggunakan kontroler berbasis Oculus Touch. 

Dalaman headset VR ini sudah dilengkapi dengan System on Chip dari Qualcomm Snapdragon 835. Refresh rate yang dimilikinya pun bernilai tinggi sebesar 1.9 GHz. Dan ada dukungan kartu grafis GPU Adreno 540 yang juga turut menambah nilai canggih pada headset Quest ini. Headset ini sangat cocok untuk kamu yang ingin bermain game secara virtual. 

2. Oculus Quest 2

Oculus Quest 2 adalah headset VR terbaik yang memiliki daya baterai cukup tinggi, yaitu 4x lipat lebih tahan lama dengan kontroler Oculus Touch yang lebih besar daripada series sebelumnya. Untuk dalam headset ini sudah ditenagai dengan chipset Snapdragon XR2 dari Qualcomm plus kartu grafis Adreno 650. 

Penggunaan RAM berukuran 6GB dan memori internal 64GB-256GB tentu membuat pilihan pengguna jadi lebih banyak dan lebih mudah untuk menyimpan banyak aplikasi. Memiliki refresh rate yang tinggi sebesar 120 Hz dengan resolusi mencapai 1832 x 1920, tentu akan membantu penggunanya terhindar dari glitch dan pandangan yang buram. Cocok sekali untuk kamu yang sedang mencari headset VR terbaik untuk gaming. 

3. Sony Playstation VR 

Sony Playstation VR merupakan headset yang dikembangkan pihak Sony Computer Entertainment melalui Morpheus untuk proyek PSVR. Headset VR ini diluncurkan pertama kali pada tahun 2016 dan menjadi pelengkap yang sempurna bagi Playstation 4. 

Headset ini dilengkapi dengan layar LCD berukuran 5 inci dan sudah disupport OLED 5,7 inci yang tentunya akan menambah kenyamanan pengguna saat bermain game. Latensi yang dihasilkannya sangat rendah, yaitu 18ms dengan refresh rate mencapai 120 Hz. 

4. Valve Index

Valve Index merupakan headset VR yang dilengkapi dengan panel LCD beresolusi tinggi yaitu 1440 x 1600 permata dengan resolusi gabungan mencapai 2880 x 16000. Refresh rate yang dimiliki headset ini pun tergolong tinggi, yaitu 80Hz-120Hz.