4 Kuliner Lampung Barat Yang Cocok Dijadikan Oleh-Oleh

Kuliner Liwa
Kuliner Liwa

Terkini.id, Lambar – Sabtu 29 Mei 2021,  Selain dikenal sebagai kota kabut karena setiap pagi daerah ini selalu ditutupi oleh kabut, kota Liwa juga dikenal memiliki beragam kuliner khas yang lezat dan menjadi favoritnya para wisatawan. Penasaran apa saja? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Buak tat terbuat dari tepung terigu, telur, gula, margarin, dan selai nanas. Cita rasanya manis legit. Buak tat mirip seperti kue nastar. Bedanya tekstur buak tat lebih lembut, tidak seperti kue nastar yang cenderung renyah.

Biasanya buak tat disajikan untuk acara hajatan atau menyambut tamu saat lebaran. Kamu juga bisa membelinya sebagai oleh-oleh, lho.

2. Gulai Taboh. Bahan utama gulai taboh terdiri dari ikan laut dan kacang-kacangan yang oleh masyarakat setempat disebut khattak. Biasanya jenis kacang-kacangan yang digunakan adalah kacang merah dan kacang panjang.

Sementara itu bumbu-bumbunya sama dengan bumbu gulai pada umumnya. Sebagai pelengkap, kamu bisa menambahkan isian gulai taboh dengan ayam, telur, udang, rebung, dan kentang. 

3. Kumbang luyang merupakan sebutan untuk kue kembang goyang khas Lampung. Bahan utamanya berasal dari tepung terigu dan bahan-bahan lain yang sudah diencerkan. Kemudian adonan tersebut dimasukkan ke dalam sebuah cetakan lalu digoreng hingga warnanya berubah menjadi kecokelatan.

Tekstur kumbang luyang sangat renyah. Saat ini terdapat banyak varian rasa kumbang luyang yang bisa kamu pilih, seperti manis, cokelat, asin, gurih, dan lain-lain.

4. Kacang Tojin. Jika diperhatikan sekilas, tampilan kacang tojin mirip seperti kacang bawang. Bedanya kacang tojin ini menggunakan kacang merah.

Untuk membuat kacang tojin mula-mula kacang merah dikukus. Kemudian digoreng hinga warnanya menjadi sedikit kecokelatan. Setelah itu, kacang diberi tambahan bumbu-bumbu lain untuk menghasilkan cita rasa asin dan pedas.

Nah, itulah beberapa kuliner khas Liwa yang wajib kamu cicipi saat berkunjung ke sana. Tertarik coba?

Konten Bersponsor

Berita lainnya

PCNU Lampung Barat Jajaki kerjasama dengan PT.Hextar Seed Indonesia

Salah Satu Perusahaan Luhut Akan Bangun Mini Hydro di Lampung Barat

Kontes Bonsai Kelas Bintang Pertama di Sumatera akan Digelar di Kebun Raya Liwa

IWAPI Lampung Barat Bagikan Paket Sembako ke Masyarakat Kurang Mampu

Terapkan Prokes, BNI Liwa Salurkan BPUM 2021

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar